Saksi Bisu Terbentuknya Kabupaten Tapin

Halaman Rumah Dinas Bupati Dahulunya Lokasi Upacara Peresmian Berdirinya Kabupaten Tapin

Usai pertemuan Panitia Persiapan Kabupaten Tapin dengan Komisi B DPR GR Pusat di Balai Rakyat Rantau (kini Kantor Bank Kalsel Cabang Rantau).

Halaman Rumah Dinas Bupati Dahulunya Lokasi Upacara Peresmian Berdirinya Kabupaten Tapin
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Inilah rumah dinas Bupati Tapin, dulunya rumah Wedana Rahmandi, halaman rumah itu saksi bisu upacara peresmian berdirinya Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Usai pertemuan Panitia Persiapan Kabupaten Tapin dengan Komisi B DPR GR Pusat di Balai Rakyat Rantau (kini Kantor Bank Kalsel Cabang Rantau).

Panitia Persiapan Kabupaten Tapin itulah yang turut berpartisipasi dalam kepanitiaan pada upacara peresmian berdirinya Kabupaten Tapin pada 30 November 1965 silam.

Upacara peresmian itu berlangsung di lapangan depan rumah kewedanan. Itu kini halaman rumah dinas jabatan Bupati Tapin, Jalan Brigjen Hasan Basri, Desa Perintis Raya, Kecamatan Tapin Utara.

Menteri Dalam Negeri RI DR Soemarno Sostroatmojo yang langsung membacakan SK pembentukan daerah tingkat II Kabupaten Tapin sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1965 tentang pembentukan kabupaten Tapin bersamaan dengan Kabupaten lainnya di Kalsel.

Baca: Cerita Terbentuknnya Kabupaten Tapin, Awalnya Hanya Tiga Wilayah Kecamatan

Baca: Anang Acil Syofyan, Tokoh Penuntut Kabupaten Tapin Diabadikan Menjadi Nama Jalan

Baca: Lakukan Komunikasi Sosial, Penuntut Kabupaten Tapin Didukung Tokoh Warga Margasari dan Tambarangan

Baca: Lahan Gedung Bank Kalsel Saksi Bisu Cikal Bakal Terbentuknya Panitia Penuntut Kabupaten Tapin

Baca: Musyawarah Besar (Mubes) Penuntut Kabupaten Tapin di Bioskop Permata Kini Lahan RTH Rantau

Undang-Undang Nomor 8Tahun 1965 itu selalu dituangkan dalam hal mengingat setiap surat keputusan ataupun peraturan yang dikeluarkan oleh Bupati Tapin.

"Istilahnya dahulu itu, disebut Undang-Undang Kabupaten 3 T. Yaitu Tanahlaut, Tapin dan Tabalong," ujar Ibnu Masud, Budayawan Kabupaten Tapin. (banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved