Kesehatan

7 Tip Menjaga Agar Tidak Terkena Serangan Jantung dari dr Meldy Muzada Elfa

Serangan jantung adalah istilah awam dari terjadinya penyumbatan akut pembuluh darah koroner jantung yang menyebabkan otot jantung kekurangan oksigen

7 Tip Menjaga Agar Tidak Terkena Serangan Jantung dari dr Meldy Muzada Elfa
shutterstock
ilustrasi 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Meldy Muzada Elfa ketika seseorang terkena serangan jantung, tindakan awal segera bawa ke fasilitas kesehatab terdekat secepat mungkin

BANJARMASINPOST, BANJARMASIN - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Anggota Departemen Penyakit Dalam RSUD Ulin Banjarmasin dr Meldy Muzada Elfa, mengatakan,serangan jantung adalah istilah awam dari terjadinya penyumbatan akut pembuluh darah koroner jantung yang menyebabkan otot jantung kekurangan oksigen bahkan kematian otot jantung.

Hal ini menyebabkan gangguan kontraksi jantung dan irama jantung yang nantinya mempengaruhi sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan kematian cepat.

Sumbatan pembuluh darah koroner jantung harus segera dihilangkan.

Caranya ada dua yaitu dengan obat penghancur sumbatan yang disebut dengan fibrinolitik dan kedua dengan kateterisasi yang selanjutnya akan membuka pembuluh darah yang tersumbat tersebut dengan balon atau menggunakan stent (cincin jantung dalam istilah awam).

Kolesterol Tinggi? Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol, Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Cegah Serangan Jantung Diusia Muda, Ini 9 Makanan Wajib Dikonsumsi Anak Muda

Sehingga ketika seseorang terkena serangan jantung, tindakan penanganan awal segera dan membawa ke fasilitas kesehatab terdekat secepat mungkin akan sangat menolong menyelamatkan nyawa seseorang.

Ilustrasi serangan jantung.
Ilustrasi serangan jantung. (YOUR HEALTH SUPPORT)

Jangan percaya hoax yang mengatakan kalau kena serangan jantung maka tangan harus dipukul-pukul atau ditusuk jarum ibu jarinya. Itu semua tidak benar.

Tips agar menjaga tidak terkena serangan jantung :

1. Jaga makanan dengan konsumsi tinggi serat dan kurangi konsumsi lemak jenuh

2. Hindari kelelahan dan berfikir keras maupun stres

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved