Berita Banjarmasin

Awal Musim Penghujan, Pohon di Taman Siring Banjarmasin Tumbang Diterjang Angin

Bagaimana tidak, sebuah pohon di kawasan Taman Siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin Kalsel pada Kamis (14/11/2019) siang tadi terlihat tumbang.

Awal Musim Penghujan, Pohon di Taman Siring Banjarmasin Tumbang Diterjang Angin
banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Pohon tumbang di Taman Siring Jalan Pierre Tendean Kota Banjarmasin Kalsel yang dibiarkan tergeletak sampai Kamis (14/11/2019) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Musim kemarau di sejumlah Kalimantan Selatan kini telah berakhir, tidak terkecuali di Kota Banjarmasin.

Melewati rentang waktu yang cukup panjang, namun hanya saja awal musim hujan tahun ini sedikit membawa kabar buruk.

Bagaimana tidak, sebuah pohon di kawasan Taman Siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin Kalsel pada Kamis (14/11/2019) siang tadi terlihat tumbang.

Pohon tersebut menurut seorang warga sekitar, Hamid diduga roboh pada Rabu (13/11/2019) sekitar pukul 22.00 kemarin. Meski tidak menimbulkan korban atau kerugian material, namun kejadian itu setidaknya perlu mendapatkan perhatian.

Formasi Dokter Umum Belum Ada Pendaftar Hingga Hari Ke-4 Pendaftaran CPNS 2019 di Pemko Banjarbaru

Bidan Desa di HST Tak Bisa Seenaknya Tinggalkan Wilayah Kerja, Izin ke Orang Ini Dulu

Baharudin Cemas Eceng Gondok di Sungai Matapura Banjarmasin Lilit Roda Kelotoknya

" Iya Alhamdulillah tidak ada korban tadi malam. Dan kalau hujan? memang ada. Cuman tidak terlalu deras serta angin pun tidak terlalu kencang tadi malam," jelas Hamid saat dijumpai Bpost.

Warga sekaligus motoris kelotok wisata itu pun menuding salah satu penyebab roboh pohon tersebut tidak menutup kemungkinan dikarenakan akar tanaman yang tidak kuat.

Selain itu, ditambah rimbunnya dahan juga mesti menjadi perhatian dan pemeriksaan sehingga apabila hujan disertai angin kencang kembali datang tidak menimbulkan kejadian serupa.

" Apalagi kan mengingat di kawasan ini banyak pedagang, kalau setiap sabtu dan minggu. Ya siapa tahu, sewaktu-waktu angin atau hujan datang, pohon roboh lagi. Sehingga saya rasa perlu ada pemeriksaan dan penanganan," ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat dikonfirmasi terkait hal itu mengaku memang sudah mengetahuinya.

Ia juga memastikan meski pada kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa atau kerugian material, namun bukan berarti pihaknya berdiam diri.

" Tentu, sesegeranya ini harus ditangani. Apalagi melihat musim hujan pun saat ini sudah datang. Ya bisa dilakukan dengan pemangkasan dahan, jika itu memang sudah terlalu rimbun dan membahayakan atau pun lainnya," jelasnya.

Ibnu juga mengharapkan kepada masyarakat apabila ada pohon roboh untuk segera bisa melaporkannya. Terlebih terhadap robohnya pohon berada di tengah jalan sehingga persoalan kemacetan lalu lintas kendaraan bisa segera tertangani. (banjarmasinpost.co.id/gha)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved