Kesehatan

Tak Perlu Kopi, 5 Cara ini Dapat Mencegah Rasa Kantuk di Pagi Hari

Selain di malam hari, biasanya kita merasakan kantuk di siang hari, terutama setelah makan siang.

Tak Perlu Kopi, 5 Cara ini Dapat Mencegah Rasa Kantuk di Pagi Hari
kompas.com
Sarapan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selain di malam hari, biasanya kita merasakan kantuk di siang hari, terutama setelah makan siang.

Namun beberapa orang justru mengalaminya di pagi hari.

Untuk mengatasinya, berikut 5 cara sederhana untuk menghalau kantuk di waktu pagi tanpa minum kopi, seperti dikutip dari Huffington Post. Selamat mencoba!

1. Menikmati sinar matahari pagi

Sinar matahari yang terbit antara pukul enam hingga sembilan pagi terbukti kaya manfaat bagi tubuh.

Menurut studi yang dilakukan University of Liege, mereka yang terbiasa bangun pagi dan terpapar dengan sinar matahari, umumnya memiliki sirkulasi darah yang lancar dan mudah berkonsentrasi.

Informasi tambahan lainnya adalah bangun di pagi hari membantu kita merasa lebih bugar dan membuat waktu tidur malah lebih proporsional.

2. Melakukan pijatan ringan

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Michigan, pijatan ringan di area pelipis dapat meningkatkan stamina tubuh dan membuat kita cepat terjaga setelah terbangun dari tidur malam.

Terdapat lima titik pijat untuk menstimulasi tubuh agar tidak cepat mengantuk, yakni di bagian puncak kepala, bagian antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan di bawah pusat tempurung lutut, di bawah mata kaki dan di pangkal leher.

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved