Berita Banjarbaru

Jadwal Besuk Ditiadakan, WBP di Lapas Banjarbaru Diberi Video Call 10 Menit

WBP di Lapas Banjarbaru kini berkomuniasi lewat video call dengan keluarga pasca jadwal besuk ditiadakan selama Covid-19 merebak

banjarmasinpost.co.id/aprianto
Suasana saat warga binaan di Lapas Banjarbaru lakukan video call dengan keluarga. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Banjarbaru memanfaatkan fasilitas video call untuk berkomunikasi dengan keluarga semenjak terjadinya pandemi covid-19.

Kebijakan peniadaan jadwal membesuk WBP sudah diterapkan oleh Lapas Kelas II B Banjarbaru dalam dua pekan terakhir semenjak pandemi covid-19 merebak di Indonesia.

Para pembesuk tidak bisa langsung bertatap muka dengan para WBP maupun tahanan yang mendekam di Lapas Kelas II B Banjarbaru.

 Mereka hanya bisa menitipkan makanan kepada para WBP. Itupun harus melewati pemeriksaan yang ketat. Mulai dari wajib cuci tangan, masuk bilik disinfektan hingga pengecekan suhu tubuh sebelum masuk pintu penjagaan.

Cegah Covid-19, Bupati Balangan Perpanjang Masa Belajar Siswa di Rumah

Layanan Besuk di Rutan Rantau Disetop, Gantinya Video Call via WhatsApp

VIDEO Kunjungan ke Lapas Teluk Dalam Banjarmasin Dihentikan, Digantikan dengan Video Call

Pertemuan pembesuk dengan WBP diganti dengan Video Call. Lapas kelas II B Banjarbaru menyediakan lima perangkat yang terdiri dari tiga buah PC dan dua unit smartphone untuk mengakses video tersebut. 

Sehingga hak narapidana tetap terpenuhi meski kunjungan ditiadakan. Tiap WBP diberi waktu maksimal 10 menit untuk melakukan video call.

 Sebelum melakukan video call, WBP juga harus melakukan pendaftaran sehari sebelum dilakukan video call. Mengingat banyaknya WBP di Lapas Banjarbaru.

"Memang tidak boleh menjenguk lagi, namun masih bisa melakukan video call meski tidak ada jadwal membesuk," kata Taufik, Senin, (6/4).

Warga Banjarbaru ini menuturkan kerabatnya masih belum mendapatkan asimilasi sehingga masih mendekam di Lapas Banjarbaru.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved