Breaking News:

Berita Banjarmasin

Baznas Kalsel Siapkan Paket Ramadan Bahagia dan Berkah Ramadan

Menyambut ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan, membuat dua program kegiatan yakni Paket Ramadan Bahagia dan Berkah Ramadan

istimewa/baznas kalsel
Petugas Baznas Kalsel menyerahkan paket bantuan kepada mustahik (penerima zakat, red,-). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyambut bulan Suci Ramadhan 2020 yang kurang dari 10 hari lagi, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan, membuat dua program kegiatan yang bakal dilaksanakan.

"Program pertama, pendistribusian paket Ramadhan Bahagia yang akan dibagikan kepada mustahik. Satu paket yang isinya itu sembako, gula segala macam kebutuhan pokok ditambah juga ada sarung atau mukena," kata Kepala Pelaksana Baznas Kalsel, A Nikhrawi Hamdie, Rabu (15/4/2020).

Selain itu, lanjut dia, ada juga hidangan program berkah Ramadhan. Berkah Ramadhan itu Baznas memberikan bantuan hidangan berbuka puasa untuk para mustahik yang ada di Kota Banjarmasin dengan bekerjasama dengan para ketua RT yang ada di lingkungan masing-masing.

"Paket Ramadan itu dimulai pada awal Ramadan. Progran ini berjalan selama bulan Ramadan. Setiap hari kita membagi di seluruh wilayah kota Banjarmasin," jelasnya.

Baznas Kalsel Berbagi Sejadah dan Hand Sanitizer di Beberapa Masjid Cegah Penyebaran Covid-19

PT Kaltrabu Indah Banjarmasin Serahkan Zakat Perusahaan ke Baznas Kalsel

Kepala Kanwil DJ Pajak Kalsel Serahkan ZIS Karyawan ke Baznas Kalsel, Segini Jumlahnya

Ditambahkan Nikhrawi, untuk hidangan berkah Ramadhan, makanan yang disediakan sekitar 1.500 paket, tersebar di semua Kecamatan. Untuk titik pembagian, nanti tergantung survei-survei yang dilakukan.

"Dari hasil survei itu kami akan bikin peta berapa jumlah paket masing-masing daerah. Kita tidak membagi secara merata, karena kondisi ekonomi yang berbeda di Banjarmasin," tegasnya.

Dia juga menjelaskan, dengan mewaBahnya Virus Corona dan adanya imbauan jaga jarak, Baznas Kalsel dalam upaya pengumpulan lebih banyak menggunakan spek digital.

"Jadi kita dalam pengumpulan zakat melalui media digital seperti Twitter, Facebook dan sebagainya. Kita tidak membuka konter," tandasnya.

Wakil kepala pelaksana Baznas Kalsel, Sadam Nurhidayat menambahkan, untuk pencegahan dan penanganan wabah Covid 19, Baznas akan meletakkan beberapa wastafel sehat di titik tertentu.

"Kita akan memasang wastafek sehat di titik keramaian yang berpotensi terpapar virus sangat tinggi," katanya.

Selanjutnya, ucap Sadam, mereka akan membagikan masker kepada kelompok rentan terpapar Corona. "Kita akan membagikan masker yang harus bekerja tiap hari di jalan untuk menghidupi keluarga," tandasnya.

Libur Sekolah hingga Ramadan, Sopir Angkutan Pelajar Turut Terdampak

VIDEO Tahun Ini Tak Ada Pasar Ramadan di Martapura, Begini Penjelasan Kadisbudpar

Program ketiga, ujar Sadam, melakukan cash work dengan memanfaatkan tenaga para pekerja yang rentan terpapar Corona.

Contohnya tukang ojek sepi penumpang dan mereka nantinya diajak bergabung bersama Baznas untuk mengantarkan barang paket Ramadhan atau membersihkan dan mengisi wastafel.

"Kemudian kami memberikan hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan, khususnya penyemprotan disinfektan ke desa-desa atau kampung-kampung wilayah-wilayah yang sudah kita bina," pungkasnya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved