Berita Kesehatan

Masker Ternyata Tak Ada Efek Khusus Pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut menurut dokter gigi, Didy Adham (25), tidak memiliki efek khusus pada kesehatan gigi dan mulut

banjarmasinpost.co.id/leni wulandari
Dokter gigi Didy Adham. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Himbauan penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia, sontak membuat masyarakat  dibiasakan menggunakan masker selama berkomunikasi dengan orang lain maupun saat beraktivitas di luar rumah.

Begitu juga yang dirasakan oleh masyarakat Banjarmasin.

Sejak dianjurkan oleh organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) serta Presiden RI, Joko Widodo, kini masyarakat Banjarmasin telah banyak ditemui mengenakan masker.

Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut dalam penggunaannya menurut dokter gigi, Didy Adham (25), tidak memiliki efek khusus pada kesehatan gigi dan mulut.

Polisi Palangkaraya Tegas Cegah Corona, Warga Tak Pakai Masker Diminta Pulang

Tetap Menarik Walau Pakai Masker, Ikuti Trik Cantik Galuh Kabupaten HSS

Ustadz Abdul Somad Jelaskan Hukum Gosok Gigi, Kumur-kumur Ketika Berpuasa Ramadhan 1441 H

Ditemui di fakultas kedokteran gigi (FKG) Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Veteran, Banjarmasin Tengah, kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Minggu (3/5/2020), ia menjelaskan, penggunaan masker tidak memiliki dampak langsung bagi kesehatan gigi dan mulut.

"Bicara mengenai penggunaan masker, sebenarnya penggunaan masker ini tidak ada hubungan secara langsung kepada kesehatan rongga mulut kita. Hanya saja, dalam situasi masa pandemi saat ini, otomatis kita memang dianjurkan menggunakan masker agar tidak tertular wabah Covid-19," paparnya.

Selain menyampaikan manfaat langsung masker kepada kesehatan rongga mulut, ia juga menyampaikan tips atau kiat-kiat dalam menjaga kesehatan mulut ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tips atau kiat yang diberikan yaitu tetap jaga kesehatan mulut dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari, sebelum tidur dan sesudah sahur.

"Ditengah pandemi ini, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya. Kalau sebelum Ramadan itu gosok gigi rutin sebelum tidur dan setelah sarapan, menjaga kesehatan gigi dan mulut saat menjalani ibadah puasa yaitu sebelum tidur dan sesudah sahur," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Leni Wulandari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved