Berita Tanahlaut

Pastikan Tak Ada Arus Mudik, Begini Langkah yang Ditempuh Pemkab Tala

Bupati Tala keluarkan aturan pencegahan penyebaran corona virus dengan cara membatasi pergerakan orang keluar dan atau masuk kabupaten.

M KUSRY UNTUK BPOST GROUP
Petugas gabungan di Posko Banyuirang, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan, melakukan pemeriksaan beberapa waktu lalu. Sejak awal asanya wabah covid, Pemkab Tala telah mendirikan posko di wilayah perbatasan ini. 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, LELAIHARI - Presiden RI Joko Widodo telah menyerukan tentang larangan mudik pada momen Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah saat ini.

Guna memastikan tak terjadi arus mudik di wilayah Kabupaten Tanahlaut (Tala), pemerintah kabupaten setempat pun melalukan langkah khusus. Ini tertuang dalam surat edaran Bupati Tanahlaut nomor 550/III/Dishub tanggal 20 Mei 2020.

Surat edaran (SE) yang ditandatangi Bupati Tala Drs H Sukamta MAP itu mengatur tentang pelaksanaan pembatasan perjalanan orang selama masa mudik tahun 2020 1440 Hijriyah dalam rangka percepatan penanganan coronavirus disk di Tanahlaut.

Pada SE tersebut dinyatakan dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus perlu membatasi pergerakan orang keluar dan atau masuk ke wilayah Kabupaten Tanahlaut. Tapi dalam kondisi kategori khusus, perjalanan dapat dilaksanakan.

Warga Pelaihari di Kawasan Ini Khusyuk Salat Ied, Begini Suasananya

Kamar Mayat Eks RSHB Pelaihari Disulap Jadi Ruang Karantina, Khusus bagi Warga yang Bandel

Kategori khusus yang dimaksud adalah pegawai lembaga pemerintah dan swasta yang melakukan perjalanan kedinasan. Lalu, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat, masyarakat yang memiliki anggota keluarga meninggal.

Lalu, repatriasi pekerja migran WNI dan pelajar yang berada di luar negeri serta pemulangan orang dengan alasan khusus.

Agar dapat melaksanakan perjalanan tersebut, pelaku perjalanan wajib melengkapi dokumen administrasi. Seperti Slsurat tugas bagi pelaku perjalanan dinas dari lembaga atau institusi, kartu identitas penduduk, surat keterangan dari RT RW, Surat Keterangan Sehat berdasarkan hasil rapid test, dan mengikuti protokol kesehatan dalam rangka pencegahan virus.

Dalam SE tersebut juga dirinci langkah kerja Posko Lapangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanahlaut yakni melakukan pemeriksaan suhu badan dengan thermo gun. Melakukan pemeriksaan pemakaian masker, melakukan pemeriksaan kapasitas muatan penumpang.

Lalu, melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan dan pencatatan data diri. Bagi pendatang pemudik, dilakukan pemeriksaan dokumen perjalanan lengkap, kartu tanda penduduk, sutat tugas dari perusahaan/pemerintah, surat keterangan RT RW bagi non pegawai, dan Surat Keterangan Sehat hasil tes, dan menyesuaikan protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved