Berita Banjarbaru

VIDEO Aplikasi 3 Jam Error Warnai Hari pertama PPDB 2020 di Kalsel

Memasuki hari pertama PPDB SMA di Kalsel, aplikasi PPDB online 2020 sempat terkendala gangguan aplikasi yang disediakan telkomsel.

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Memasuki hari pertama PPDB SMA di Kalsel, aplikasi PPDB online 2020 sempat terkendala gangguan aplikasi yang disediakan telkomsel.

Ketua Panitia Pendaftaran PPDB SMAN2 Banjarbaru, Haryono, mengakui memang ada aplikasi yang sempat alami maintenance selama tiga jam.

"Tapi sudah dapat diatasi. Mingkin hari pertama sehingga wajar jika ada perbaikan sementara dan masih ada penyempurnaan. Sempat dicut sementara mulai dari pukul 11.00 wita sampai pukul 13. 00 wita. Namun ini sudah normal lagi," tandasnya.

Karena aplikasi sempat di-maintenance maka petugas verifikator pun agak lambat melakukan verifikasi.

Pendaftar PPDB dari Meratus Tak Punya Smartphone, SMAN 3 Kandangan Bantu Upload

Update PPDB SMA 2020 : Aplikasi Sempat Error hingga Maintenance Tiga Jam

SMAN 1 Simpangempat Tanbu Siapkan Posko Khusus PPDB Online, Bantu Siswa Tak Bisa Akses Internet

"Untuk SMAN 2 pendaftar di jalur zonasi sementara hari pertama hingga pukul 12.00 wita pendaftar ada sebanyak 175 orang. Sudah dilakukan verivikasi 13 orang. Hal ini karena baru ada perbaikan aplikasi," sebutnya.

Untuk jalur Afirmasi sementara terdaftar sudah 10 orang diverifikasi 10 orang. Jalur prestasi akademik smentara jumlah pendaftar 17 orang sudah 3 orang ditolak 1 orang. Jalur prestasi non akademik jumlah pendaftar 12 orang belum ada yang diverifikasi.

Adapun jalur perpindahan orangtua ada lima orang dan diverifikasi dua orang ditolak dua orang.

"Rata-rata yang ditolak ada yang data tidak sesuai atau salah jalur sehingga berkas yang dilampirkan tidak sesuai," kata dia.

Misal contoh yang jalur prestasi yang ditolak karena tidak ada daftar nilai maka ditolak. "Yang menolak kami di bagian verifikator. Sebagian sistem yang menolak langsung," kata dia.

Dijelaskan dia Jumlah kuota di SMAN 2 Banjarnaru untuk zonasi ada 160. Dimana Jalur afirmasi 48 kuota. Jalur prestasi akademik 48 kuota, jalur prestasi non akademik 48 kuota jalur perpindahan 16 kuota.

"Di tahun 2019 kemarin, SMAN 2 Banjarbaru harus menyisihkan 120 orang dari jumlah pendaftar 400 perndaftar dari seluruh jalur. Kalau tahun ini akan ambil 320 dengan 10 rombongan belajar," kata dia.

Adapun Kepala SMAN 2 Banjarbaru, Eksan Wasesa menambahkan pelaksanaan PPDB pada 2020 ini berbeda dengan tahun 2019 kemarin. Tahun ini pendaftar murni online tanpa tatap muka.

VIDEO Hari Pertama PPDB, Sejak Pagi SMAN 1 Pelaihari Ramai Pelamar

Disebutkan Eksan Wasesa, sementara ini kendala yang ditemukan masih orangtua siswa atau si pendaftar masih keliru menguplod data keliru.

"Kalau server baik. Namun kalau aplikasinya kan yang menyediakan itu telkomnya bukan dari sekolahnya. Sehingga se Kalsel tadi itu ada trobel karena dari telkomnya. Kalau dari server lokalnya bagus saja," kata Eksa Wasesa. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved