Breaking News:

BTalk

BTalk: Masyarakat HST Berharap Program Beasiswa ke Timur Tengah Tetap Dilanjut

Pemkab HST, Kalsel, miliki program beasiswa untuk dokter dan santri ke negara di Timur Tengah dan diharapkan berlanjut setelah bupati terpilih pilkada

BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Bupati Hulu Sungai Tengah, HA Chairansyah, saat wawancara jarak jauh dalam program BTalk yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Didik Triomarsidi, disiarkan secara langsung di tiga media sosial Banjarmasin Post, yakni Youtube, Facebook dan Instagram, Selasa (15/9/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Program beasiswa yang dicanangkan masa kepemimpinan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, Abdul Latif, diteruskan bupati selanjutnya, HA Chairansyah.

Menurut Bupati HA Chairansyah, selama lima tahun menjabat ditargetkan akan ada 25 dokter di Kabupaten HST program beasiswa. Hingga 2020, sudah ada 24 calon dokter yang kuliah.

"Bahkan, satu di antaranya sudah menjalani masa pengabdian di RSUD H Damanhuri Barabai. Hingga saat ini sudah ada 24 mahasiswa kedokteran asal HST yang dibiayai dari APBD," sebut Bupati saat wawancara jarak jauh dalam program BTalk yang disiarkan secara langsung di tiga media sosial Banjarmasin Post, yakni Youtube, Facebook dan Instagram  

Dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Didik Triomarsidi, Bupati mengatakan beasiswa sekolah dokter umum ini sudah diberikan sejak 2014 lalu. Diberikan untuk mencetak dokter yang berdomisili di Kabupaten HST. Maklum, saat hari raya keagamaan tiba, para dokter akan pulang ke kampung halamannya.

Masyarakat sering mengaku tak terlayani saat libur besar tiba. Apalagi, di HST sudah ada 18 puskesmas. Bahkan, satu puskesmas harus ada dokter satu hingga dua orang. Ditambah dokter gigi.

VIDEO KalselPedia - Lapangan Dwi Warna, Lokasi Car Free Day di HST

Bupati HST HA Chairansyah Buka Bimtek Penyusunan Rencana Bisnis Anggaran BLUD

Sedangkan, jumlah dokter di HST terbatas. Berdasarkan hal ini pihaknya bertekad mencetak dokter baru yang dimulai sejak 2014 lalu hingga sekarang.

Rinciannya, 2014 sebanyak dua orang, tahun 2015 tiga orang, tahun 2016 sebanyak lima orang. Sementara itu, pada 2018 ada 10 orang dan empat orang pada 2019.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten HST juga mencetak ulama baru dengan memberikan beasiswa santri ke Timur Tengah. Baik berupa beasiswa mondok atau beasiswa kuliah. 

Untuk program beasiswa ini, dibeberkan Bupati Hulu Sungai Tengah, HA Chairansyah, merupakan usulan dari para ulama.

Halaman
123
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved