Breaking News:

Opini

Opini Publik - Menyusun Strategi Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19

Indonesia hari ini dihadapkan pada situasional sulit karena memasuki fase resesi ekonomi dan kesehatan sebagai dampak langsung pandemi Covid-19.

istimewa
Haris Zaky Mubarak MA 

Oleh: Haris Zaky Mubarak, MA (Direktur Jaringan Studi Indonesia)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Indonesia hari ini dihadapkan pada situasional sulit karena memasuki fase resesi ekonomi dan kesehatan sebagai dampak langsung terhambatnya pertumbuhan ekonomi akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Berdasarkan data terbaru, resesi ekonomi melanda Indonesia pada kuartal III tahun 2020. Data ini semakin mempertegas gambaran lesunya pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020.

Sebelumnya dalam data kuartal I tahun ini, ekonomi Indonesia tumbuh pada angka 2,97 persen dan terkontraksi minus pada angka 5,32 persen dalam kuartal II.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) telah memproyeksikan laju pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III berada pada kisaran minus 2,9 persen sampai minus 1,1 persen.

Berkaca data tersebut,kemungkinan besar hasil dari pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2020 berada pada kisaran minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen.

Artinya Indonesia sampai akhir tahun diprediksi mengalami stagnasi ekonomi.

Dalam resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19. beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand sudah terlebih dahulu merasakan dan masuk kedalam jurang resesi ekonomi pada kuartal II 2020.

Resesi ekonomi secara definitif merupakan kemerosotan ekonomi nasional dimana domestik bruto (GDP) mengalami penurunan yang besar dan pertumbuhan ekonomi bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih pada rentang satu tahun.

Jika kita analisis dari banyak situasi ekonomi dunia, peristiwa resesi maupun krisis ekonomi bukan merupakan hal yang baru dalam tata kelola perekonomian global.

Halaman
1234
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved