Pilkada Kalsel 2020

Sengketa Pilkada Banjarmasin 2020 di MK ke Pembuktian, Tim AnandaMu Siapkan Bukti Tambahan

MK terhadap sengketa Pilkada Banjarmasin 2020 berlanjut ke tahap pembuktian. Tim AnandaMU siapkan bukti tambahan

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Paslon no 4 Hj Ananda 

 Editor : Hari Widodo

 BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keyakinan dari tim hukum pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin yakni Hj Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu) terkait dengan gugatannya dalam sengketa Pilwali Banjarmasin 2020 akan dilanjutkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terwujud.

Sekadar diketahui, tim AnandaMu mengajukan permohonan gugatan terkait dengan hasil Pilwali Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan 9 Desember 2020.

Menilai terjadi dugaan kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada Banjarmasin 2020, tim AnandaMu pun mengajukkan gugatan ke MK.

Permohonan AnandaMu ini sendiri sempat diprediksi bakal kandas, karena tidak memenuhi unsur ambang batas selisih suara.

Baca juga: Tim AnandaMu Yakin Gugatan Pilwali Banjarmasin 2020 di MK Berlanjut

Baca juga: Laporannya Dihentikan Bawaslu Banjarmasin, Tim AnandaMu  Ancam Bawa ke DKPP RI

Baca juga: Rontok, Laporan AnandaMu Terkait Dugaan Kecurangan Petahana di Bawaslu Banjarmasin

MK pun sudah menggelar sidang terkait permohonan dari tim AnandaMu tersebut, yang dilaksanakan secara virtual.

Meskipun MK sudah menggelar sidang, namun diprediksi juga pada tahap berikutnya akan dibacakan putusan sela yang berarti permohonan tim AnandaMu dihentikan alias tidak dilanjutkan.

Namun ternyata hari ini, Selasa (16/2/2021)  Mahkamah Konstitusi (MK) diketahui melanjutkan proses persidangan sengketa Pilkada Banjarmasin ke tahap pembuktian, Selasa (16/2/2021).

Hal ini bisa dilihat dari laman resmi MK khususnya pada kolom jadwal, yang sudah menjadwalkan sidang dengan nomor perkara 21/PHP.KOT-XIX/2021  dan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Walikota Kota Banjarmasin Tahun 2020 tersebut akan dilaksanakan pada 1 Maret 2021 pukul 13.30 WIB.

Dan point pentingnya juga adalah, dituliskan bahwa acara atau agenda sidangnya yakni mendengar keterangan saksi/ahli dan juga mengesahkan alat bukti tambahan.

"Ya, kami dapat kabar baik dari web resmi MK bahwa jadwal sidang berikutnya tanggal 1 Maret 2021 dengan acara mendengar keterangan saksi/ahli dan juga mengesahkan alat bukti tambahan. Artinya permohonan kami dilanjutkan," ujar tim hukum AnandaMu, Muhammad Rizky Hidayat SH MKn kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (16/2/2021) malam.

Hal ini lanjut Rizky membuktikan bahwa MK pun tidak hanya berpatokan dengan ambang batas saja, tapi juga faktor-faktor lain.

"Kami bersyukur karena ambang batas tidak dijadikan patokan lagi dan dikesampingkan. Tapi melihat dari bukti maupun mendengarkan saksi-saksi dan apa yang kami dalilkan," jelas pria yang juga menjabat Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia Golkar Banjarmasin 2020-2025 ini.

Tak kalah menarik juga, Rizky pun membeberkan salah satu agenda penting untuk sidang yang memasuki tahap pembuktian tersebut yakni pengesahan tambahan bukti.

"Banyak hal lagi yang akan kami sampaikan nantinya di sidang berikutnya. Dan kami juga akan menambahkan beberapa bukti baru," tutupnya.

Baca juga: Tim Hukum AnandaMu Siap Saling Uji Alat Bukti di Sidang Bawaslu

Seperti diketahui beberapa waktu lalu KPU Kota Banjarmasin menetapkan paslon petahana dengan nomor urut 2 yakni H Ibnu Sina-H Arifin Noor sebagai peraih suara terbanyak, sesuai hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Banjarmasin, yakni mencapai 90.980 suara.

Kemudian disusul oleh paslon nomor urut 4 Ananda-Mushaffa Zakir dengan raihan 74.154 suara. Sedangkan di urutan ketiga suara terbanyak diraih oleh paslon nomor urut 1 yakni Abdul Haris Makkie-Ilham Nor dengan 36.238 suara dan terakhir paslon nomor urut 3 Khairul Saleh-Habib Ali meraih 31.334 suara berada di urutan keempat.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved