Breaking News:

Berita Banjarmasin

PN Banjarmasin Belum Terima Gugatan Class Action terkait Banjir Kalsel

Warga yang merasa terdampak banjir besar di Kalsel akan dibantu organisasi masyarakat dan advokat untuk ajukan gugatan terhadap pemerintah daerah.

BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Genangan setinggi 10 hingga 15 sentimeter di sebagian ruas Jalan Gatot Subroto, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, pertengahan Januari 2021. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Organisasi masyarakat maupun kelompok advokat ada yang menyatakan niat memfasilitasi masyarakat korban banjir di Kalimantan Selatan.

Caranya, mengajukan guatan perwakilan kelompok (class action) kepada pemerintah daerah.

Namun, Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin sebagai salah satu lembaga negara yang merupakan wadah pengajuan class action, belum ada menerima gugatan tersebut.

"Gugatan class action sampai sekarang belum ada masuk," kata Juru Bicara PN Banjarmasin, Aris Bawono Langgeng, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Advokat Ini Soroti Bencana Banjir di Kalsel dari Aspek Hukum, Buka Posko Pengaduan

Baca juga: Pj Gubernur Kalsel Launching Pelaksanaan MTQN Ke-33 Tingkat Kalsel di Tanbu

Dijelaskan dia, terkait class action diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) Nomor 1 Tahun 2002 tentang Acara Gugatan Perwakilan Kelompok. 

Dalam Peraturan MA RI tersebut, ada 11 pasal yang dibagi dalam enam bab yang mengatur, di antaranya terkait ketentuan umum, tata cara dan persyaratan hingga putusan. 

Pada pasal dua peraturan ini disebut, gugatan class action dapat dilakukan, di antaranya apabila jumlah anggota kelompok sedemikian banyak, sehingga tidaklah efektif dan efisien apabila gugatan dilakukan secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama dalam satu gugatan. 

Gugatan class action juga dilakukan jika terdapat kesamaan fakta atau peristiwa dan kesamaan dasar hukum yang digunakan yang bersifat substansial.

Baca juga: Vaksinasi Nakes Tuntas Februari 2021, Vaksin untuk Lansia Bersiap Tiba di Kalsel

Serta, terdapat kesamaan jenis tuntutan di antara wakil kelompok dengan anggota kelompoknya. 

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved