Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Dinas Perdagangan Kalsel Dukung Kerja Sama dengan BBKKP Yogyakarta untuk Tingkatkan Mutu Karet

Unit BPSMB Dinas Perdagangan Kalsel lakukan kerja sama BBKKP Yogyakarta supaya mutu karet untuk ekspor meningkat. Provinsi Kalteng Kaltim bisa gabung.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Unit Pelaksana Teknis Balai Sertifikasi dan Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan jalin kerja sama dengan Balai Besar Kulit, Karet dan Pelastik (BBKKP) Yogyakarta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kalimantan Selatan sangat punya potensi besar di sektor perkebunan, d iantaranya adalah perkebunan karet.

Didukung oleh 11 perusahaan Crumb Rubber untuk pengolahan hasil, sehingga Ekspor karet termasuk andalan Kalsel. 

Sebagai komoditas ekspor, tentunya hal utama yang harus  diperhatikan adalah kualitas karet agar bisa bersaing baik untuk pasar luar negeri. Bahkan juga pasar dalam negeri.

Sehubungan dengan itu, Dinas Perdagangan Kalsel berupaya meningkatkan kapasitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Balai Sertifikasi dan Mutu Barang (BPSMB).

 Selama ini Laboratorium BPSMB  bekerja sama dengan beberapa perusahan Crumb Rubber di Kalsel dan beberapa perusahan karet luar Provinsi Kalsel.

Baca juga: Harga Karet Tembus Rp9.700, Petani di Tapin Merasa Untung

Baca juga: VIDEO Harga Karet Capai 10 Ribu Per kilo, Begini Harapan Petani di Batola

Itu hanya dalam hal pengujian kalibrasi terhadap beberapa apa pelatan milik perusahaan karet serta pelastik pembungkus produknya. Tetapi, belum bisa mengujikan kualitas/mutu karetnya.

Sehingga, mengharuskan beberapa perusahaan karet di Kalsel untuk menguji mutunya harus ke laboratorium di luar Kalsel, antara lain ke Balai Besar Kulit, Karet dan Pelastik (BBKKP) Yogyakarta.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, bersyukur atas dukungan Gubernur .

Sebab, pada akhir 2021, BPSMB Kalsel bisa melengkapi peralatan laboratorium pengujian mutu karet.

Dijadwalkan, peralatan tersebut dalam waktu segera diakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Poniran (45), petani karet sedang menyadap di kebun belakang rumahnya di Desa Sido Makmur, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021).
Poniran (45), petani karet sedang menyadap di kebun belakang rumahnya di Desa Sido Makmur, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD TABRI)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved