Tajuk

Jangan Lengah

Wabah baru itu adalah cacar monyet atau mongkeypox yang penyebarannya cukup cepat di sejumlah negari, kini telah masuk ke Indonesia

Editor: Hari Widodo
BPost Cetak
Tajuk Bpost 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pandemi Covid 19 belum juga usai, meskipun saat ini kasusnya mulai melandai. Kita juga tidak boleh mengendurkan kewaspadaan dan kebersihan diri, karena saat ini ada wabah baru yang mengancam.

Wabah baru itu adalah cacar monyet atau mongkeypox yang penyebarannya cukup cepat di sejumlah negara.

Diam-diam, penyakit ini juga telah masuk ke Indonesia. Kasus cacar monyet itu terkonfirmasi pada pasien laki-laki berusia 27 tahun yang berasal dari DKI Jakarta.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, pasien mengalami sejumlah gejala sebelum akhirnya terdiagnosis cacar monyet pada Jumat (19/8) malam.

Menurutnya yang bersangkutan pada 14 Agustus 2022 mengalami gejala  demam, kemudian juga ada pembesaran kelenjar. Tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat.

Dikutip dari b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id, cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Beberapa gejalanya yakni sakit kepala, demam akut, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, sakit punggung, kelemahan tubuh dan adanya lesi cacar atau benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh.

Virus cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Virus ini juga dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin.

Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, ketika menangani atau memproses hewan buruan, atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

Virus juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen.

Penularan cacar monyet dengan cepat membuat kita harus waspada namun jangan panik. Bercermin pada kasus Covid 19 selama 2 tahun hendaknya menjadi pelajaran.

Kita harus terus melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dengan menjaga kebersihan, seperti sering mencuci tangan. Tidak lupa selalu menjaga pola hidup sehat dan memilih makanan bergizi.

Semoga dengan pola hidup yang sehat dan menerapkan prokes yang ketat, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk cacar monyet. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved