Berita Banjarmasin

Ungkap Hotel dan Penginapan Sering Tidak Laporkan Orang Asing, Keimigrasian Kalsel Akan Lakukan Ini

Syahrifullah mengatakan, selama ini banyak pihak manajemen hotel yang tidak melapor adanya orang asing yang menginap di tempat mereka

Ungkap Hotel dan Penginapan Sering Tidak Laporkan Orang Asing, Keimigrasian Kalsel Akan Lakukan Ini
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Syahrifullah didampinggi para kasi setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Banjarmasin mengadakan sosialisasi Keimigrasian, tentang pelaporan orang Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin.

Sosialisasi yang diikuti sebanyak 50 orang, terdiri dari manajemen hotel atau penginapan, dan pengguna tenaga asing itu dilaksanakan di Hotel Tree Park, Jalan A Yani kilometer 6 Banjarmsin, Kamis (5/9/2019) pagi.

Sebagai moderator adalah Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin, Hariyadi.

Kemudian dalam sosialisasi itu sebagai pembawa materi adalah Kabid Intelejen dan Penindakan Divisi Imigrasi pada Kantor wilayah Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Mas Budi dan Kasi Teknologi dan Informasi Kanim kelas 1 TPI Banjarmasin, Aditio Nugroho.

Baca: Mirip Bajakah, Akar Kuning Kalimantan Dipercaya Berkhasiat Sembuhkan Penyakit Kuning dan Malaria

Baca: BPJS Kesehatan Naik, Begini Pandangan Dosen Fakultas Kedokteran ULM Ini

Baca: Sosok Mahasiswa S2 ITB Muhtar Amin Tewas Bunuh Diri, IPK Nyaris 4, Kecerdasan Diakui Wakil Rektor

Baca: Utak-atik Kans Persib Bandung untuk Jadi Juara Liga 1 2019 atau Ulang Prestasi Musim Lalu?

Sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Syahrifullah.

Usai acara, Syahrifullah mengatakan, selama ini banyak pihak manajemen hotel yang tidak melapor adanya orang asing yang menginap di tempat mereka.

Oleh sebab itu pihaknya mengadakan kegiatan sosialisasi keimigrasian, tentang pelaporan orang Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin.

Dikatakannya, apabila masih ada manajemen hotel dan pemilik penginapan yang tidak melapor, maka pihaknya akan pengambilan tindakan dalam bentuk penindakan hukum.

"Sosialisasi ini sangat membantu bagi peserta yang hadir di tempat ini. Sehingga nantinya tidak ada lagi yang tidak tahu, dan aplikasi inilah yang nantinya dapat membantu mereka,"terang Syahrifullah.

Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Banjarmasin mengadakan sosialisasi Keimigrasian, tentang pelaporan orang Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin.
Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Banjarmasin mengadakan sosialisasi Keimigrasian, tentang pelaporan orang Asing di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Tahun depan 2020 (sudah dilakukan penerapan), baik dari sponsor maupun manajemen hotel serta penyedia penginapan sudah dilakukan penerapan di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin yang meliputi 11 kabupaten dan kota di Kalsel. Sehingga sudah diberlakukan penindakan tegas.

Baca: Kulit Kayu Halaban Dipercaya untuk Sembuhkan Panyakit Amandel

Baca: Akui Daerah Endemis Tungro, Kadis Pertanian Batola Berikan Tips Praktis Bagi Petani Atasi Tungro

Baca: Kebutuhan Air Sehari 86 Ton, RS Andi Abdurrahman Noor Tanahbumbu Alami Krisis Air Bersih

Terkait dengan menerapan ini, Denny Rifanie, Front Office Manager Dafam Hotel Syariah Banjarbaru mengatakan, tahun sebelumnya pihak manajemen hotelnya sudah melakukan hal itu dengan memberikan laporan ke Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin dan pihak kepolisian.

Pengiriman laporan dengan cara melalui online. Sehinggga tidak ada masalah sama sekali.

Disebutkanya, dalam sebulan, pihaknya menerima tamu hotel 12 sampai 20 orang. Baik dari Eropa, maupun dari Asia. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved