Berita Kalteng

BI Gelar Video Conference Festival Ekonomi Syariah, Prosfektif Perbankan Syariah ke Depan Makin Baik

Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng, Setian, sangat optimistis Bank Syariah akan tumbuh lebih baik lagi kedepannya

BI Gelar Video Conference Festival Ekonomi Syariah, Prosfektif Perbankan Syariah ke Depan Makin Baik
(banjarmasinpost.co.id/faturahman)
Bank Indonesia (BI) Palangkaraya, Kalteng, saat menggelar Press Rilis dan Video Conference (vicon) kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Aula Ruang Huma Hapakat Kantor BI Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, Selasa (10/9/2019) merilis perkembangan perbankan di Kalteng serta Video Conference (vicon) kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Aula Ruang Huma Hapakat Kantor BI Kalteng.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang, prospektif Bank Konvensional dan Bank Syariah yang saat ini, untuk Bank Syariah tampak semakin banyak mendapat perhatian masyarakat karena sistemnya dinilai lebih fleksibel, karena pinjaman dana dilakukan atas kesepakatan bersama dari kedua belah pihak.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng, Setian, sangat optimistis Bank Syariah akan tumbuh lebih baik lagi kedepannya dan harapannya juga akan memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat Kalteng, karena semakin dipercaya oleh masyarakat.

"Saya sangat optimistis melihat perkembangan Bank Syariah di Kalteng akan semakin baik kedepannya," ujarnya.

Baca: Diskon 50 Persen Tambah Daya PLN Masih Berlaku, Pelanggan Cukup Bayar Segini

Baca: Perkuat Inovasi Pembangunan, Begini Strategi yang Dilakukan Pemkab Banjar

Baca: Geger, Mobil Pikap Terbakar Setelah Isi BBM di SPBU Banjang HSU

Lebih jauh, Setian juga menjelaskan, kondisi perbankan Kalimantan Tengah mengalami pertumbuhan pada bulan Juli 2019, tercermin dari pertumbuhan indikator utama perbankan yaitu aset, kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Searah dengan kredit dan DPK, rasio intermediasi perbankan juga tercatat mengalami peningkatan.

"Rasio kualitas pembiayaan perbankan juga mengalami perbaikan, tercermin dari persentase non-performing loan (NPL) yang tercatat mengalami penurunan," ujarnya.

Indikator perbankan Kalimantan Tengah pada bulan Juli 2019 mengalami pertumbuhan dari sisi aset dan Dana Pihak Ketiga (DPK). Aset perbankan Kalimantan Tengah pada bulan Juli 2019 tercatat sebesar Rp38,98 triliun atau naik dibandingkan dengan bulan Juni 2019 yang tercatat sebesar Rp37,79 triliun.

Baca: Skor 0-0! Hasil Timnas Indonesia Vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia LIVE TVRI di Babak Pertama

Baca: Skor Akhir Persipura U-20 Vs Barito Putera U-20 : 3-4, Kahar Mussakar Cetak 2 Gol

Komponen DPK juga tercatat mengalami peningkatan pada bulan Juli 2019 menjadi sebesar Rp27,12 triliun dibandingkan bulan Juni 2019 yang tercatat sebesar Rp26,37 triliun.

"Di sisi lain, komponen kredit juga mengalami peningkatan baik berdasarkan lokasi proyek dan lokasi bank pada bulan Juli 2019 yang masing-masing mengalami Peningkatan sebesar 0,15% (mtm) dan 2,51% (mtm)," ujar Setian. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved