Opini

Opini Publik - Sudah Siapkah (Kembali) Masuk Sekolah?

Rencana Disdik Banjarmasin kembali menggelar sekolah tatap muka di pertengahan November, sudah mendapat restu rekomendasi GTPP Covid-19 Banjarmasin

Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasin post group
Muhammad Fajaruddin Atsnan 

Oleh: Muhammad Fajaruddin Atsnan MPd (Pendidik, anggota ADI Kalsel Bidang PPSDM)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencana Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin untuk kembali menggelar sekolah tatap muka di pertengahan November, sudah mendapat “restu”, rekomendasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin.

Untuk tahap awal, hanya jenjang SMP/sederajat akan diberikan jatah pembelajaran tatap muka. Sedangkan ada skenario berbeda untuk jenjang lainnya.

Bagi civitas pendidikan anak SMP, semua pihak harus bersiap untuk menyambut kembalinya rutinitas di sekolah. Tentunya, dengan kebiasaan baru.

Baca juga: Tajuk - Sekolah Tergantung Zona

Baca juga: Pandemi Covid-19, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin Berlangsung Sederhana

Baca juga: VIDEO Madu Kelulut Warga Banjarbaru Ini Sampai ke Timur Tengah

Suka (Duka) Cita

Ada secercah harapan bagi anak-anak, bagi guru, untuk kembali menjalani rutinitas belajar dan mengajar seperti biasa di sekolah.

Artinya lagi, para kaum rebahan belajar online mau tidak mau, suka tidak suka, harus segera bangun dan membiasakan diri untuk kembali masuk sekolah.

Namun, kabar rencana masuk sekolah ini bisa jadi berita bagus atau “buruk” ya?

Sudut pandang berita bagus tentu karena selama ini kan banyak keluhan belajar online, sulit memahami materi lah, banyak tugas lah, terpapar radiasi lah, dst.

Sedangkan sudut pandang berita “buruk”, tentu karena kebiasaan pewe alias posisi wenak, dengan sistem belajar online, yang tak perlu repot-repot memakai sepatu (minimal), segera akan berakhir.

Ya, kalau dihitung-hitung dari Maret, awal mulai Pandemi Covid-19 di Indonesia, maka panjangnya libur terhitung sekitar 8 bulan.

Ya, meskipun tidak bisa juga dihitung libur, karena kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana mustinya.

Cuma, lokasinya saja berpindah, dari sekolah menjadi dari rumah. Tapi tetap, tidak ada semacam mood booster untuk menyiapkan alat-alat pribadi untuk ke sekolah.

Perlu Persiapan Matang

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved