Breaking News:

Berita Banjarmasin

KAKI Kalsel Desak Bea Cukai Tuntaskan Persoalan Rokok Ilegal di Kalsel

KAKI Kalsel masih menemukan peredaran rokok ilegal. Karena itu, KAKI kalsel mendesak agar DJBC Kalbagsel bekerja lebih keras menihilkan rokok ilegal

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
KAKI Kalsel Desak DJBC Kalbagsel menuntaskan persoalan rokok ilegal di Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Melalui gerakan penindakan seperti gempur rokok ilegal, Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) telah menyita dan memusnahkan jutaan batang rokok ilegal di Tahun 2021.

Namun dengan berbagi cara dan modus, pabrikan rokok ilegal juga terus mencari jalan-jalan tikus untuk menyebarkan produknya ke tengah masyarakat. 

Tak bisa menembus pasar ritel modern, warung-warung dan toko kecil menjadi sasaran penyebaran rokok ilegal menyasar segmen konsumen menengah ke bawah dengan rata-rata harga di bawah harga rokok resmi. 

Karena itu, upaya proaktif dari masyarakat untuk turut menghalau penyebaran rokok ilegal dengan cara memberikan informasi serta masukan tentang peredaran rokok ilegal sangat diharapkan oleh DJBC Kalbagsel. 

Baca juga: Cegah Peredaran di Kalsel, Kanwil DJBC Musnahkan 1 Juta Batang Rokok Ilegal

Baca juga: Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Kalbagsel Lakukan Sosialisasi dan Penindakan

Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel yang membawa puluhan kotak rokok ilegal langsung ke Kantor DJBC Kalbagsel di Jalan Barito Hilir, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel, Selasa (7/12/2021).

Dipimpin Ketuanya, Akhmad Husaini, KAKI Kalsel menyampaikan bahwa puluhan merek rokok ilegal masih mereka dapati di sejumlah lokasi warung-warung maupun toko di Kalsel dan Kalteng. 

"Modus operandi yang dilakukan pemain cukai rokok ilegal di Kalsel, ini pita rokok kretek namun dipasang ke rokok filter. Ada yang isinya 20 batang, namun cukainya 12 batang," ujar Husaini. 

Mereka mendesak agar DJBC Kalbagsel bekerja lebih keras untuk benar-benar menihilkan peredaran rokok ilegal yang sangat merugikan negara. 

KAKI Kalsel juga mendesak, penindakan yang dilakukan tak pandang bulu, termasuk jika ada keterlibatan oknum-oknum pihak berwenang dalam peredaran rokok ilegal

Puluhan merek rokok ilegal yang didapati dan dibeli dari sejumlah warung di Kalsel tersebut diterima langsung oleh Humas DJBC Kalbagsel, Heny Rusindarti. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved