Berita Banjarmasin

LINK Kisi-kisi Soal USBN dan UNBK 2019 dari BSNP Bisa di Klik di Sini, 75 Persen Soal Dibikinan Guru

Saat ini guru-guru mata pelajaran di sekolah sekolah tengah sibuk-sibuknya membuat soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019.

LINK Kisi-kisi Soal USBN dan UNBK 2019 dari BSNP Bisa di Klik di Sini, 75 Persen Soal Dibikinan Guru
Instagram/Kemendikbud
Resmi Diumumkan BSNP, Download Kisi-kisi UN & USBN SMP hingga SMA Tahun Pelajaran 2018/2019 di Sini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Saat ini guru-guru mata pelajaran di sekolah sekolah tengah sibuk-sibuknya membuat soal  Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019. Soal-soal tersebut akan digabungkan dengan nasional yang akan menjadi acuan penilaian kepada siswa di jenjang SMA Sederajat.

Ketua Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah SMA Kalsel, Tumiran, menjelaskan kalau Ujian Sekolah berstandar Nasional (USBN) itu yang menyusun adalah dari MGMP sekolah digabung dengan soal nasional.

"Prosentasenya 75 sampai 80 persen soalnya dibuat guru-guru di sekolah masing masing atau MGMP sekolah sisanya dari nasional," kata Tumiran.

Dijelaskan dia, untuk USBN dilaksanakan papper based test alias manual. Disebutkan Tumiran USBN adalah menentukan kelulusan. JIka UNBK tidak menentukan kelulusan hanya sebatas pemetaan siswa untuk mengukur kemampuan siswa.

"Kalau naskah UNBK itu yang berhak sepenuhnya adalah pusat yakni Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pusat. Untuk UNBK semua dilaksanakan menggunakan sistem komputer," kata Tumiran.

Berkaca di tahun sebelumnya, bagi siswa yang paling sulit adalah untuk jurusan MIPA yakni mata pelajaran matematika dan fisika, untuk jurusan IPS, yang dikeluhkan paling sulit adalah Matematika dan Ekonomi.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) selaku penyelenggara ujian nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) dan Ujian Nasional ( UN) untuk tahun 2019.

Pengumuman mengenai kisi-kisi UN dan USBN 2019 ini disampaikan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui laman resmi Kemendikbud dan juga akun resmi instagram resmi @kemdikbud.ri.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming RCTI Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja Penentu Piala AFF U-22 2019

Baca: Menikah dengan Kakek Usia 62 Tahun, Remaja Perempuan Usia 19 Tahun Kesal Suami Disebut Paedofil

Baca: Jumlah Pemilih Masuk DPTb KPU Kalsel 9.893 Pemilih, Paling Banyak di Kabupaten Tanahbumbu

Kemendikbud memberikan dua alternatif metode untuk dapat mengunduh kisi-kisi soal tersebut yakni dengan memindai QR Code yang telah diberikan atau membuka tautan/link yang disediakan.

Pemindaian kisi-kisi UN dan USBN dapat dilakukan melalui akun instagram Kemendikbud @kemdikbud.ri, sedangkan tautan kisi soal dapat diakses melalui:

Halaman
123
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved