BPost Cetak

Mega Ingatkan Jokowi Soal Menteri

Presiden Joko Widodo menegaskan bakal ada anak-anak muda milenial yang bergabung dalam kabinetnya pada periode 2019-2024.

Mega Ingatkan Jokowi Soal Menteri
BPost Cetak
Banjarmasinpost Edisi Sabtu (13/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan bakal ada anak-anak muda milenial yang bergabung dalam kabinetnya pada periode 2019-2024. Namun Jokowi belum mau membocorkan siapa saja mereka. Dia malah meminta rakyat bersabar menunggu pengumuman.

“Ya nanti dilihat, nanti kalau keluar dilihat,” kata Jokowi saat membuka pameran yang diadakan Bank Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (12/7).

Bicara soal menteri muda, Jokowi mengaku sudah meminta partai politik pendukungnya untuk menyiapkan kader muda untuk diusulkan. “Saya minta dari partai juga (kader) yang muda. Ada juga dari profesional,” ujarnya.

Jokowi menambahkan jika partai tidak bisa menyediakan kader muda terbaik mereka, maka dirinya bakal merekrut sendiri dari profesional. “Profesional muda kan banyak banget sekarang,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan secepatnya mengumumkan kabinet. “Sudah (menyusun kabinet), secepatnya (diumumkan),” ujarnya.

Baca: Pelestari Buah Lokal Asal Balangan Terima Kalpataru, Kumpulkan 160 Bibit di Hutan Enam Kabupaten

Baca: Tim Gabungan Gerebek Penambangan Liar di Hutan Desa Damit Hulu, Amankan Alat Berat

Baca: Baiq Diminta Tak Takut Dipenjara, Bersama Politisi PDIP Temui Jaksa Agung

Baca: Sistem Zonasi Membingungkan, Sekolah Swasta Mahal

Bicara soal komposisi menteri, Jokowi mengatakan dari kalangan partai dan profesional dengan pembagian 40-60 atau 50-50. “Nanti dilihat saja,” ujarnya.

Ditanya apakah menteri yang ada saat ini banyak yang dipertahankan, Jokowi menjawab banyak. Namun dia enggan membocorkan siapa saja mereka.

Menyoal menteri yang berurusan dengan hukum seperti diperiksa sebagai saksi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menjadi saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan ruangannya digeledah, Jokowi mengatakan akan mempertimbangkannya.

Dia menanggapi santai saat ditanya mengenai sejumlah partai politik yang secara terbuka meminta jatah kursi menteri. “Ya tidak papa, mau minta 10, mau minta 11, mau minta sembilan, kan gak papa. Wong minta aja,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, mengatakan keinginan sejumlah parpol itu merupakan hal wajar. Namun dia mengingatkan keputusan pengisian posisi menteri adalah hak prerogratif Presiden Jokowi. Saat berada di Beijing China, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan catatan penting terkait anak muda dalam kabinet baru Jokowi. Dia berharap semua bisa bekerja. Mereka yang tua namun berpengalaman dan bisa bekerja tak seharusnya ditolak.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved