BPost Cetak

Smart SIM Bisa Dipakai Belanja

Korps Lalu lintas (Korlantas) Polri meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru. Namanya Smart SIM atau SIM Pintar.

Smart SIM Bisa Dipakai Belanja
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (2782019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Korps Lalu lintas (Korlantas) Polri meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru. Namanya Smart SIM atau SIM Pintar. Selain itu diluncurkan pula aplikasi registrasi SIM online.

Peluncuran dilakukan bertepatan dengan HUT Lalu lintas di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2019).

Kepala Korlantas Irjen Pol Refdi Andri mengungkap ada dua keunggulan utama dari Smart SIM.

“Keunggulannya, satu, memuat perilaku pengemudi. Pelanggaran yang dilakukan tercatat pada chip kartu dan server kita. Kemudian kami juga bisa mengetahui forensik kepolisian yang berkaitan dengan pengemudi,” kata Refdi.

Baca: Laman Kemendagri Diretas, Muncul Gambar Tabur Bunga Nisan KPK

Baca: 708 Bangunan Walet Turut Merambah, Lahan Sawah di Kalsel Terus Menyusut

Baca: Hasil Akhir Chelsea vs Liverpool 1-2, The Reds Kokoh di Puncak Klasmen Liga Inggris

Baca: Menang Tipis 1-0, Real Madrid Gagal ke Puncak Klasmen, Ini Hasil Lengkap Liga Spanyol 2019

Selain itu, Smart SIM bisa berfungsi sebagai uang elektronik untuk pembayaran transaksi seperti belanja, bayar tol dan parkir. “Ini di-support oleh Bank Indonesia dan mitra kami yakni Bank BNI, BRI dan Mandiri,” kata dia.

Layanan Smart SIM sudah tersebar di 34 Polda dan 456 satuan penyelenggara administrasi (Satpas), 378 layanan SIM keliling dan 55 gerai layanan SIM. Seluruh pelayanan SIM terintegrasi dengan pusat data SIM Korlantas.

Melalui situs sim.korlantas.polri.go.id, pemohon SIM bisa mengisi formulir registrasi, seperti jenis permohonan SIM, golongan SIM, alamat surat elektronik, nomor telepon seluler aktif, Polda kedatangan, Satpas kedatangan, hingga data pribadi.

Setelah semua formulir registrasi terisi dan menekan tanda setuju, pemohon akan mendapatkan kode bayar registrasi. Nantinya, kode itu digunakan untuk membayar registrasi di layanan Bank BRI dalam waktu maksimal 3 jam sejak registrasi dilakukan.

Pembayaran bisa melalui layanan ATM, m-banking hingga internet banking BRI. Setelah pembayaran selesai, kode registrasi akan diterima lewat SMS dan surat elektronik.

Keuntungannya, pemohon tak perlu mengantre lagi saat datang mengurus registrasi ke Satpas.
Pengisian saldo maksimal di Smart SIM itu sebesar Rp 2 juta. Refdi Andri mengatakan SIM lama yang masa berlakunya sampai setelah peluncuran Smart SIM tidak perlu mengurus pergantian ke Smart SIM.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved