Berita Balangan

Pagelaran Sanggam Buana Jadi Event Promosi Desa dan Sanggar Seni di Balangan

Kemeriahan pergelaran seni Sanggam Buana nampak dirasakan oleh masyarakat. Ratusan penonton memenuhi gelaran di Taman Sanggam Paringin.

Pagelaran Sanggam Buana Jadi Event Promosi Desa dan Sanggar Seni di Balangan
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Peserta Sanggam Buana menampilkan tarian tradisional dihadapan para penonton dan tamu undangan 

BANJARMASINPOS.CO.ID, PARINGIN - Kemeriahan pergelaran seni Sanggam Buana nampak dirasakan oleh masyarakat. Ratusan penonton memenuhi lokasi acara kesenian yang diselenggarakan di Taman Sanggam Paringin, Senin (21/10/2019) malam.

Nampak banyak hiburan yang disaksikan dan menjadi daya tarik masyarakat. Terutama tarian daerah yang disuguhkan oleh penari-penari dari sanggar yang ada di desa.

Acara yang digelar dua sesi tersebut diawali penampilan delapan sanggar seni. Di antaranya Sanggar Seni Banua Sanggam Junior, Sanggar Juruh Lampihong, Sanggar Sagintau Ajung, Sanggar Barakatan SMAN 1 Paringin, Sanggar Wadian Tambai Halong, Sanggar Baharu SMAN 2 Juai, Sanggar Waluh SMAN 1 Juai, Sanggar Patmaraga Juai.

Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan, Imam Turmudi menerangkan, Sanggar Buana kali ini lebih meriah dibanding beberapa tahun sebelumnya. Terlebih peserta yang berpartisipasi tak hanya dari Kabupaten Balangan, melainkan ada yang dari Kabupaten Tabalong.

Baca: Jadwal Live MotoGP Australia 2019 Siaran Langsung Trans7, Quartararo Salip Valentino Rossi?

Baca: Operasi Antik Intan 2019, Polsek Danau Panggang Amankan Pelaku dengan 13 Paket Sabu

Baca: Dampak Tercemar Bangkai Ikan di Sungai Riam Kanan, Krisis Bersih Meluas ke Astambul

Baca: Peringati Hari Santri Nasional 2019, Santri Darul Ilmi Banjarbaru Turun ke Jalan Lakukan Pawai

Tentunya, antusias penonton dan penggiat seni pada moment itu pun ujar Imam jelas terlihat. Mereka secara sukarela menampilkan seni tarian, baik kreasi maupun traditional untuk memeriahkan kegiatan.

Ada beberapa kelompok tari dari desa wisata dan sanggar seni di Balangan yang turut terlibat.

"Ini juga sekaligus kesempatan promosi untuk desa dan sanggar tari. Begitupun promosi kesenian daerah," ucap Imam.

Terlebih tambahnya, di Balangan telah memiliki beberapa desa wisata, di antaranya, Desa Kapol dan Desa Balida yang sedang dalam proses. Serta Desa Liyu yang masih dicanangkan.

Sementara itu, Bupati Balangan, Ansharuddin dalam sambutannya yang dibacakan langsung oleh Asisten III Bagian Administrasi Umum Setda Balangan, Hasmiati mengungkapkan bahwa kesenian merupakan identitas. Sehingga apabila kesenian daerah maka merupakan identitas bagi masyarakat daerah yang bersangkutan.

“Oleh karena itu maka sudah seharusnya dipertahankan bahkan diperkuat, agar masyarakat tersebut tidak larut dalam identitas global sehingga tidak terlihat di antara belantara kebudayaan dunia yang seragam," ucapnya.

Tak ketinggalan, Uyau Morris selaku bintang tamu mengungkapkan apresiasi nya terhadap acara yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan tersebut.

“Dengan adanya ruang seperti ini, dengan pertunjukan ini, jadi membuka lagi tempat untuk mereka para seniman untuk di apresiasi. Itu juga sangat menentukan bagaimana berkembangnya sebuah kesenian di daerah tersebut,” imbuhnya.

Baca: Hasil Pemeriksaan Inspektorat Terkait SK Pemindahan ASN, Sudah Ditangan Bupati Kotabaru

Baca: Kecamatan Selat Juara Umum MTQ Ke-44 tingkat Kabupaten Kapuas

Baca: Terjadi Peningkatan Suhu Panas di Kalsel Tiga Hari Terakhir, ini Penjelasan BMKG

Ia pun berharap, ke depannya semakin banyak event-event yang mengangkat edukasi serta kebudayaan. Hal itu agar anak usia dini bangga terhadap daerahnya sendiri dan juga budaya sendiri.

Begitu pula Ketua Dewan Kesenian Daerah, Husin nampak sangat mengapresiasi segala kegiatan seni budaya untuk mengangkat harkat martabat banua Sanggam.

“Tentunya ini sangat penting dilestarikan, kita bina, dan kita akan kembangkan dimasa yang akan datang,” ucapnya. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved