Wisata Kalang Hadangan Daha Utara HSS

Wisata Kerbau Rawa, Sambil Nikmati Matahari Terbenam di Daha Kabupaten HSS

Aktivitas kerbau rawa di Desa Pandak Daun, Kabupaten HSS, jadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan hingga perekonomian warga pun meningkat.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Satu tempat yang akhir-akhir ramai dikunjungi sebagai tempat wisata adalah di Desa Pandak Daun, Kecaatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel).

Di tempat tersebut, daya tarik wisata air ini adalah melihat puluhan kerbau rawa berenang menjelang matahari tenggelam di lahan rawa yang terbentang luas. 

Banjarmasinpost.co.id, Jumat (19/6/2020, berwisata ke tempat tersebut. Ada banyak titik untuk mencari kapal atau perahu ces.

Dua kecamatan di kawasan Daha itu, memiliki beberapa dermaga. Perjalanan bersama istri Camat Daha Selatan, Nordasimah,  dimulai dari Dermaga Nagara Desa Tumbukan Banyu. 

Berhubung berangkat hanya dengan beberapa orang, kami memilih perahu ces carteran. Ini Jenis perahu bermesin dengan kapasitas maksimal 10 orang. Tarifnya, Rp 125.000, pulang pergi.

Aksi Penggembala di Wisata Kalang Hadangan Kabupaten HSS

Objek Wisata Air Baru di Kabupaten HSS, Tiap Hari Dikunjungi Masyarakat

Jika penumpangnya mencapai 20 orang, disarankan memilih perahu lebih besar atau semi kapal berkapasitas 40 orang. Tarifnya, Rp 200.000, pulang pergi.

Waktu yang tepat untuk berangkat menuju lokasi  adalah selepas waktu salat asar atau sekitar pukul 16.00 Wita.

Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 50 menit dari dermaga Nagara, Daha Selatan,  tak terlalu lama menunggu hadangan (kerbau) kembali ke kalang (kandang).

Sekitar pukul 17.30 Wita, penggembala menggiring ternak kerbau berenang di rawa-rawa sekitar satu kilometer sampai tiga kilometer dari tempat mencari rumput.

Halaman
123
Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved